PENGARUH KEBUDAYAAN MESIR KUNO BAGI DUNIA

Mesir berada di wilayah Laut Tengah, dimana juga berada pusat-pusat peradaban lainnya. Selain berada di Laut tengah, Mesir juga mudah di datangi bangsa-bangsa Eropa dan Asia. Untuk menuju Mesir, bangsa Asia dapat melewati Kanaan (Syria, Lebanon, Palestina), sedangkan bagi bangsa Eropa, khususnya Yunani, dapat menyeberangi Laut Tengah. Keadaan Geografis Mesir yang demikian dapat memudahkan terjadinya pertukaran budaya antar bangsa yang berbeda kebudayaan.
Meskipun demikian, keadaan tersebut tidak membuat Mesir kehilangan identitas budaya khasnya, bahkan pengaruh langsung dari Asia tidak bisa mengubah corak khas Mesir. Mesir tetap tampil sebagai bangsa besar yang mandiri, dan menjadikannya salah satu pusat peradaban. Berikut adalah pengaruh Mesir bagi dunia:
A. Sistem kalender. Masyarakat Mesir mula-mula membuat kalender bulan berdasarkan siklus (peredaran) bulan selama 291/2 hari. Karena dianggap kurang tetap kemudian mereka menetapkan kalender berdasarkan kemunculan bintang anjing (Sirius) yang muncul setiap tahun. Mereka menghitung satu tahun adalah 12 bulan, satu bulan 30 hari dan lamanya setahun adalah 365 hari yaitu 12 x 30 hari lalu ditambahkan 5 hari. Mereka juga mengenal tahun kabisat. Penghitungan ini sama dengan kalender yang kita gunakan sekarang yang disebut Tahun Syamsiah (sistem Solar).
B. Ilmu astrologi dan astronomi yang mempelajari tentang bintang dan benda langit juga masih digunakan dunia hingga saat ini.
C. Sistem irigasi Mesir, yang membuat Mesir kaya akan hasil pertanian, sekarang juga digunakan pada pertanian modern di seluruh dunia.
D. Pohon lontar atau papirus adalah sebuah bahan kertas yang dibuat dari tanaman. Setelah Mesir membuat hal bahan kertas, mereka perlu sesuatu untuk menulis dengan begitu mereka menciptakan tinta yang sekarang juga digunakan oleh masyrakat modern di seluruh dunia.
E. Di bidang Matematika. Matematika di Mesir Kuno memiliki pemahaman prinsip-prinsip yang mendasari teorema Pythagoras , misalnya bahwa segitiga memiliki sudut tepat di seberang miring ketika sisi-sisinya berada dalam rasio 3-4-5. Mereka mampu memperkirakan luas sebuah lingkaran dengan mengurangkan satu – sembilan dari diameter dan mengkuadratkan hasilnya, berikut adalah rumusnya: Luas ≈ [(8 / 9) D] 2 = (256 / 81) r 2 ≈ 3,16 r 2, rumus inilah yang sekarang juga digunakan oleh masyrakat modern di seluruh dunia.
F. Di bidang kedokteran. Mesir adalah yang pertama mengambil spesialisasi di bidang kedokteran. Dokter yang berbeda yang khusus pada hewan, mata dan bedah. Mereka juga yang pertama untuk menggunakan kompres, splints, dan perban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s